Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa

Ersya, Zikry Latupasjana (2020) Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_18151052_1998_2021.pdf] Text
B1_01_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_18151052_1998_2021.pdf

Download (875kB)

Abstract

Agresivitas di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan semakin
meningkat. Layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan
konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk penurunan agresivitas. Sebagian
besar kegiatan bimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan
permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (1)
menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan
konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa yang valid secara isi dan
tampilan, (2) menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok
menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa
yang praktis digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling, (3) Menghasilkan
panduan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling
Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa di sekolah yang efektif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation And Evaluation).
Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan
dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan
layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Data hasil
penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis
nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank
Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Panduan layanan bimbingan
kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan
agresivitas siswa di sekolah valid dengan tingkat kelayakan materi berada pada
kategori layak dengan persentase 80% dan tampilan panduan berada pada kategori
sangat layak dengan persentase 90,4%, (2) Panduan layanan bimbingan
kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan
agresivitas siswa di sekolah praktis digunakan oleh Guru BK terlihat dari tingkat
penggunaan panduan oleh Guru BK berada pada kategori sangat baik dengan
persentase 93,3%. Adanya penurunan yang signifikan terhadap agresivitas siswa
setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh
Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok
menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk upaya penurunan agresivitas
siswa di sekolah

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: AGRESIVITAS, BIMBINGAN KELOMPOK, PENDEKATAN KONSELING GESTALT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 08 Apr 2025 07:18
Last Modified: 08 Apr 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item
View Item