Pengembangan Model CBT-ADeM untuk Keterampilan Kerja Rekayasa Komposit Papan Serat S-TKKS

Siregar, Batumahadi (2021) Pengembangan Model CBT-ADeM untuk Keterampilan Kerja Rekayasa Komposit Papan Serat S-TKKS. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_Batumahadi_Siregar_14193003_4635_2021.pdf] Text
B1_08_Batumahadi_Siregar_14193003_4635_2021.pdf

Download (816kB)

Abstract

Lulusan pendidikan vokasi harus memiliki kompetensi kerja untuk
memperoleh pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan baru. Rekayasa
komposit menghasilkan papan serat yang memanfaatkan tandan kosong kelapa
sawit dari hasil penelitian sebelumnya dapat menjawab permasalahan alternative
pengganti produk furniture dari bahan dasar kayu. Fasilitas untuk membuat
produk papan serat dapat digunakan sebagai perangkat pelatihan. Model pelatihan
berbasis kompetensi dimungkinkan untuk menghasilkan keterampilan kerja baru.
Tujuan penelitian adalah menemukan model pelatihan dan menguji validitas,
praktikalitas, dan efektivitas dari model dan produk penelitian untuk keterampilan
kerja rekayasa komposit papan serat S-TKKS.
Model ADDIE menjadi pilihan dalam metode penelitian pengembangan ini.
Pada tahap analisis dilakukan kajian kebutuhan, kebijakan, peluang kerja dan
hubungan industri. Tahap desain melakukan rancang bangun perangkat pelatihan
dan ujinya dengan metode penilaian ahli melalui fokus group diskusi dan
diujicobakan pada kelas kecil yaitu 8 orang. Tahap pengembangan merevisi
produk penelitian dan uji validitasnya melalui penilaian pakar sesuai bidangnya.
Tahap implementasi menerapkan produk penelitian dan penilaian dilakukan oleh
pengguna dengan peserta 9 orang kelas kontrol dan 9 orang kelas eksperimen.
Tahap evaluasi melakukan evaluasi tahap akhir terhadap semua tahapan dan
produk sampai kepada kesimpulan keberhasilan akhir dari produk penelitian.
Hasil penelitian berupa Model Pelatihan CBT-ADeM (Authentic,
Demonstration, and Mastery) dengan 5 sintaks, Buku Informasi, Buku Kerja, dan
Buku Penilaian setelah diuji dinyatakan valid dengan nilai Aiken’s-V > 0,677,
dinyatakan praktis dengan nilai rata-rata tingkat capaian responden (TCR) > 80%,
dan dinyatakan efektif untuk perbandingan tes awal dan tes akhir terjadi kenaikan
14,298% tes psikomotorik, 20,84% test afektif, dan 5,01% tes kognitif. Temuan
penelitian ini adalah pada sintaks 3 (demonstrasi sesuai skenario), sintaks 4
(latihan terbimbing dan mandiri), dan sintaks 5 (evaluasi) menunjukkan nilai R2 >
0,8 mendekati 1, maka sintaks yang disusun dinyatakan sangat berpengaruh
terhadap model, disimpulkan bahwa model pelatihan CBT-ADeM dan produk
penelitian dinyatakan valid, praktis, dan efektif sesuai kebutuhan pendidikan
vokasional dan layak digunakan. Implikasi teoritik, menjadi rujukan model
pelatihan untuk menghasilkan keterampilan kerja baru atau khusus pada
pendidikan vokasional, implikasi praktis yaitu memunculkan pekerjaan baru dari
pengolahan limbah menjadi produk aplikasi bernilai komersial

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Kerja Rekayasa Komposit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 08 Apr 2025 07:18
Last Modified: 08 Apr 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item
View Item