Efektivitas Strategi Mastery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Lilin Berbagai Aroma (Pre Eksperimen di SLB N 2 Padang

Devi, Saebrina (2022) Efektivitas Strategi Mastery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Lilin Berbagai Aroma (Pre Eksperimen di SLB N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_SAEBRINA_DEVI_18003032_5925_2022.pdf] Text
B1_02_SAEBRINA_DEVI_18003032_5925_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana kegiatan pembelajaran keterampilan di SLBN 2 Padang yang masih kurang dalam inovasi terbaru sehingga anak cenderung mengalami kebosanan dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan santai. Melihat dari permasalahan tersebut, penulis mencoba mengajarkan membuat berbagai jenis keterampilan vokasional dan cara pengajarannya yaitu menghadirkan keterampilan vokasional dalam membuat lilin berbagai aroma yang termasuk dalam kategori keterampilan vokasional souvenir.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan strategi mastery learning sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi mastery learning efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aneka aroma pada anak tunarungu kelas IX SLBN 2 Padang yang terdiri dari 2 anak perempuan dan 3 anak laki-laki.
Hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan anak membuat lilin berbagai aroma setelah diberikan treatment menggunakan strategi mastery learning, dibuktikan dengan Uji Wilcoxon Sign Rank Test didapatkan nilai sebesar 2,041 dengan probabilitas dan tanda Asymp. (2- tailed) = 0,042 sehingga probabilitas yang diperoleh adalah 0,041

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LILIN AROMA, STRATEGI MASTERY LEARNING, TUNARUNGU
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 07 Apr 2025 02:14
Last Modified: 07 Apr 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5109

Actions (login required)

View Item
View Item