Yanti, Zelvi Dewi (2017) Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Menghitung Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SDN 03 Kampung Jawa Kota Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ZELVI_DEWI_YANTI_15170034_875_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ZELVI_DEWI_YANTI_15170034_875_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ZELVI_DEWI_YANTI_15170034_875_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi dan hasil belajar
siswa dalam materi menghitung luas trapesium dan layang-layang. Hal ini terlihat pada
nilai ulangan harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran menghitung luas trapesium
dan layang-layang dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan
untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa menghitung luas trapesium dan layang-layang dengan pendekatan
matematika realistik.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
sebanyak dua siklus pada semester I 2016/2017 dengan subjek penelitian guru dan
siswa kelas V yang berjumlah 35 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket
motivasi belajar dan tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
pada pembelajaran matematika. Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat pada siklus
I dengan persentase 25% siswa menyatakan selalu, 46% siswa menyatakan sering.
Sedangkan Pada siklus II memperoleh nilai dengan persentase 41% siswa menyatakan
selalu, 25% menyatakan sering. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada siklus I
dengan nilai rata-rata 86,86, pada siklus II menjadi 89,14.
Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan
matematika realistik dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena
pendekatan matematika realistik membuat siswa terlibat secara aktif dalam
pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menguasai dan memahami pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 07 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 07 Apr 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5099 |