Asmendri, Asmendri (2018) Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Aspek Perencanaan, Pengorganisasian, Kepemimpinan, Pelaksanaan dan Pengawasan Kegiatan Madrasah Aliyah. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_ASMENDRI_70255_2608_2018.pdf [thumbnail of B1_08_ASMENDRI_70255_2608_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_ASMENDRI_70255_2608_2018.pdf
Download (759kB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini berangkat dari hasil observasi awal dan hasil
penelitian sebelumya pada madrasah yang ada di kabupaten Tanahdatar. Hali ini
menunjukkan bahwa madrasah yang sudah terakreditasi baik masih memiliki
beberapa masalah dengan aspek-aspek manajemen madrasah. Ini terlihat dalam
kelengkapan sarana prasarana, tenaga pendidik yang mengajar yang tidak sesuai
dengan latar belakang pendidikannya, kurangnya dukungan masyarakat terhadap
madrasah, dan pelayanan khusus pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis persepsi guru tentang
kompetensi manajerial kepala MAN di kabupaten Tanahdatar dalam aspek-aspek
perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan/pelaksanaan, memimpin dan
pengawasan terhadap kegiatan madrasah, (2) membangun sistem pelatihan
peningkatan kompetensi manajerial kepala madrasah dan (3) mengkaji sistem
pelatihan peningkatan kompetensi manajerial kepala madrasah yang valid.
Metode penelitian menggunakan mixed methods research dengan model
concurrent embedded. Sumber data kuantitatif adalah para guru MAN di
kabupaten Tanahdatar dan sumber data kualitatif adalah kepala madrasah, wakil
kepala madrasah dan para guru. Populasi untuk tahap kuantitaif adalah seluruh
guru MAN di kabupaten Tanahdatar yang berjumlah 188 orang, sedangkan
sampel diambil secara proportional random sampling sebanyak 128 orang.
Intrumen yang digunakan untuk memperoleh data kuantitatif adalah angket. Data
kualitatif diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Analisis data meliputi
analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan
microsof excell.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kompetensi
manajerial kepala MAN 1, kepala MAN 2, kepala MAN 3 dan kepala MAN 4 di
kabupaten Tanahdatar pada aspek perencanaan mencapai 82,11%,
pengorganisasian mencapai 79,50%, kepemimpinan mencapai 79,92%,
pelaksanaan (actuating) mencapai 78,53%, dan aspek pengawasan mencapai 81
%. Kelima capaian ini secara kuantitatif sudah baik dan secara kualitatif masih
ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana dengan baik. Temuan beberapa
program kegiatan madrasah yang belum terlaksana dengan baik ini menunjukkan
adanya kelemahan kompetensi manajerial kepala MAN di Tanahdatar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka berhasil disusun/dibangun sebuah produk
berupa buku sistem pelatihan peningkatan kompetensi manajerial kepala madrasah yang
sudah valid
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kompetensi Kompetensi Manajerial Pengorganisasian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 07:25 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5091 |