Pengembangan Model Layanan Informasi Berbasis Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa

Arliyus, Arliyus (2022) Pengembangan Model Layanan Informasi Berbasis Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_ARLIYUS_18325003_3797_2023.pdf] Text
B1_08_ARLIYUS_18325003_3797_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Disiplin belajar merupakan salah satu variabel penting yang harus dikuasai oleh
setiap siswa, dengan disiplin yang bagus siswa akan berhasil dalam belajar.
Kenyataan di lapangan banyak siswa yang memiliki tingkat disiplin yang rendah
dalam belajar, sehingga mereka tidak sukses dalam belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran disiplin belajar siswa di SMP
PMT Hamka II Padang, (2) menyusun model layanan informasi berbasis
Cognitive Behavior untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP PMT
HAMKA II Padang, (3) Mengembangkan model layanan informasi berbasis
Cognitive Behavior yang valid untuk meningkatkan disiplin belajar siswa dan (4)
mengembangkan model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior Therapy
yang praktis untuk meningkatkan disiplin belajar siswa, (5) Mengembangkan
model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior yang efektif untuk
meningkatkan disiplin belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik
SMP PMT Hamka II Padang sebanyak 21 peserta didik untuk menguji
keterpakaian buku layanan informasi. Instrumen yang digunakan adalah: (1)
daftar isian need assessment, (2) validitas (3) praktikalitas, (4) efektivitas (daftar
isian disiplin belajar siswa). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis
deskriptif, uji validitas menggunakan nilai rata-rata, uji praktikalitas
menggunakan persentase dan uji efektivitas menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) disiplin belajar peserta didik di SMP
PMT Hamka II Padang berada pada kategori baik, (2) rencana model layanan
informasi berbasis Cognitive Behavior Thearapy untuk meningkatkan disiplin
belajar sudah layak (valid), (3) model layanan informasi berbasis Cognitive
Behavior Therapy untuk meningkatkan disiplin belajar sudah praktis, dan (4)
model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk
meningkatkan disiplin belajar sudah efektif

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Layanan Informasi Cognitive Behavior Therapy Disiplin Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 07:24
Last Modified: 27 Mar 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item
View Item