Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao

Suryana, Dadan and Mayar, Farida and Sari, Rustika Eka (2022) Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 341-352. ISSN 2549-8959

[thumbnail of FARIDA_MAYAR_Pengaruh_Metode_Sumbang_Kurenah.pdf] Text
FARIDA_MAYAR_Pengaruh_Metode_Sumbang_Kurenah.pdf

Download (339kB)

Abstract

Budaya yang ditiru anak di wilayah perbatasan antara Sumatera Barat dan Sumatera Utara
menyebabkan terjadinya perpaduan budaya minangkabau dan budaya batak. Hal tersebut
menyebabkan anak-anak tidak mengenali sumbang duo baleh sebagai budayanya terutama
sumbang kurenah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan metode
sumbang kurenah terhadap perkembangan karakter anak. Jenis penelitian ini yaitu
menggunakan penelitian kombinasi (Mixed Method) melalui pendekatan explanatory design.
Subjek/Informan dalam penelitian ini yaitu guru dan orangtua. Teknik analisis data yang
digunakan untuk penelitian kuantitatif yaitu cross sectional design dengan angket sedangkan
untuk penelitian kualitatif yaitu menggunakan alur dari Miles dan Huberman dengan dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan Metode sumbang kurenah berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan
karakter anak dengan tingkat capaian sebesar 48,5%. Metode sumbang kurenah dapat
mengembangkan karakter anak melalui bermain peran seperti sosiodrama, bercerita tentang
penanaman nilai moral maupun metode Tanya jawab tentang adat istiadat budaya
Minangkabau.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sumbang kurenah; perkembangan karakter; anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 27 Mar 2025 07:01
Last Modified: 27 Mar 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item
View Item