Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang

Aini, Yessy Muthia Quratul (2019) Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_YESSY_MUTHIA_QURATUL_1304642_634_2018.pdf] Text
B1_02_YESSY_MUTHIA_QURATUL_1304642_634_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang anak tunagrahita ringan di SLB
Negeri 2 Padang kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran keterampilan, pada
saat pengamatan proses pembelajaran, terlihat siswa mengalami kesulitan atau
sukar dalam menguraikan kembali langkah-langkah yang diterangkan oleh guru.
Saat mengajar guru menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan juga
penugasan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa
Analisis Tugas efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat kerupuk ikan
bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII C di SLB Negeri 2 Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperiment dengan
bentuk pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design.
Subjek penelitian ini terdiri dari lima orang siswa. Penelitian ini terdiri dari
beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum
diberikan perlakuan (pre-test), tahap kedua yaitu pemberian perlakuan
(treatment) dalam keterampilan membuat kerupuk ikan dengan menggunakan
model analisis tugas, selanjutnya tahap ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui
seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (post-test). Nilai dari
pre-test dan post-test diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann
Whitney untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil dari proses kerja kelima anak dalam membuat kerupuk ikan didapat
hasil pre-test 59% dan hasil post-test mengalami peningkatan yaitu74%. Data
diolah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit = 22,5 dan Utab
2, dengan n=5 pada taraf signifikansi 95% dan a= 0,05. Hipotesis alternative
diterima karena Uhit>Utab. Jadi terbukti bahwa Analisis Tugas efektif untuk
meningkatkan keterampilan membuat kerupuk ikan bagi anak tunagrahita ringan
kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang. Saran dalam penelitian ini diharapkan sekolah
dapat menerapkan penggunaan Analisis Tugas pada pembelajaran keterampilan

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS ANALISIS TUGAS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:52
Last Modified: 27 Mar 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item
View Item