Perdana, Fadly Fajri (2013) Encouraging the Students Speaking Ability By Using The Sims 2 Virtual Real-Life Simulation Game in Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_FADLY_FAJRI_PERDANA_86686_2645_2013.pdf [thumbnail of B1_3_FADLY_FAJRI_PERDANA_86686_2645_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_FADLY_FAJRI_PERDANA_86686_2645_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana guru dapatmeningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa inggris denganmemotivasi mereka melalui game komputer simulasi kehidupan nyata “The Sims2” sebagai media yang menarik.Permainan simulasi adalah suatu metode diskusi yang dapat digunakanuntuk memotivasi dan mendorong siswa yang kesulitan dalam berbicara bahasaInggris dengan memberikan suatu situasi dimana mereka terlibat langsung didalam permainan tersebut. Di dalam menggunakan strategi ini guru memilikiperan sebagai organizer yaitu mempersiapkan serta mengatur jalannya permainandan memberikan instruksi, sebagai motivator yaitu memberikan motivasi kepadasiswa, sebagai fasilitator yaitu menyediakan segala fasilitas yang dapat menunjangdan mendukung kemampuan siswa, dan sebagai evaluator yaitu memberifeedback yang baik dalam mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang telahdilakukan siswa dalam berbicara bahasa Inggris.Terdapat empat langkah yang harus diperhatikan oleh guru untukmengimplementasikan strategi dan game ini yaitu preparation, Pre-teachingactivity, Whilst-teaching activity, dan Post-teaching activity. Pada preparation,guru mempersiapkan bahan ajar yang di perlukan berupa media pembelajaranyang menarik dan tentunya telah dipersiapkan dengan matang agar tidak adakesalahan didalam pengaplikasiannya. Pada pre-teaching activity, gurumengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa dan memberikan motivasi kepadamereka, setelah itu guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Padawhilst-teaching activity, guru menjelaskan tentang permainan yang akandilakukan oleh siswa. Pada post-teaching activity, guru menjelaskan hasil yangdidapat siswa dari permainan tadi dan mengevaluasi kesalahan-kesalahan siswadalam berbicara bahasa Inggris serta menekankan materi yang di ajarkan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPEAKING ABILITY, SIMULATION GAME |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 06:42 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 06:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5073 |