Using Guiding Questions and Pictures in Teaching Writing Narrative Text at junior High School.

Majid, Fadhilah (2012) Using Guiding Questions and Pictures in Teaching Writing Narrative Text at junior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_FADHILAH_MAJID_79704_6699_2012.pdf] Text
B1_3_FADHILAH_MAJID_79704_6699_2012.pdf

Download (575kB)

Abstract

Kurikulum yang dipakai di Indonesia adalah Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). Salah satu indikator yang dicapai adalah siswa SMP harusmemiliki kemampuan dalam memahami dan menulis narrative text dan beberapajenis text lainnya. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami danmenulis narrative text. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang mampumenyampaikan ide mereka dalam bentuk tulisan.Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narative text, penulismembahas tentang teknik pengajaran dengan menggunakan teknik guiding questions.Langkah-langkah dalam menggunakan teknik guiding question sebagai berikut.Pertama, guru terlebih dahulu menjelaskan langkah-langkah yang akan dipelajari.Kedua, guru memodelkan langkah-langkah dalam menulis narrative text. Sebelumproses belajar mengajar dimulai, guru menyiapkan pertanyaan yang berfungsi sebagaiguiding questions. Guiding questions yang disiapkan guru telah disusun berdasarkangeneric stucture dari narrative text dan siswa diminta untuk menjawab pertanyaantersebut. Jawaban dari siswa tersebut disusun kedalam bentuk paragraf sehinggamenghasilkan narrative text. Setelah itu guru menyuruh siswa untuk membuat sebuahnarrative text berdasarkan langkah-langkah yang telah dimodelkan guru sebelumnyadalam bentuk kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEACHING, WRITING, GUIDING QUESTIONS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:35
Last Modified: 27 Mar 2025 06:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item
View Item