Teaching Reading Comprehension of a Narrative Text through Questioning Strategy in Junior High School.

Amiza, Elsi (2012) Teaching Reading Comprehension of a Narrative Text through Questioning Strategy in Junior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ELSI_AMIZA_04653_6630_2012.pdf] Text
B1_3_ELSI_AMIZA_04653_6630_2012.pdf

Download (626kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara pengajaranteks naratif menggunakan Questioning Strategy. Kemampuan siswa SMP dalammemahami teks naratif masih sangat kurang disebabkan karena masih sangatminimnya penguasaan kosa kata oleh siswa serta penggunaan strategipembelajaran yang kurang menarik yang disajikan oleh guru. Teks naratif adalahsuatu jenis teks yang berisikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau baik yangberisi kejadian yang sebenarnya maupun tidak. Salah satu strategi pengajaranyang dapat membantu siswa dalam memahami teks naratif adalah “QuestioningStrategy”. Dalam menggunakan Questioning Strategy, guru menyajikanpertanyan-pertanyaan untuk membantu siswa memahami teks naratif. Pertanyaan- pertanyaan tersebut juga disusun dari pertanyaan yang memiliki tingkat kesukaranyang rendah, menengah, hingga pertanyaan yang memiliki tingkat kesukaranyang tinggi. Penyajian pertanyaan terdapat dalam setiap langkah-langkahpengajaran teks naratif dengan Questioning Strategy yaitu preparation, preteaching, whilst-teaching dan post-teaching. Pada preparation gurumempersiapkan materi teks naratif, strategi yang akan digunakan, dan rencanapengajaran. Pada pre-teaching guru mengaktifkan latar belakang pengetahuanmurid dengan memberikan judul dan gambar dari teks. Kemudian siswa akanmemprediksi isi dari teks berdasarkan judul dan gambar tersebut. Pada whilstteaching guru mengecek prediksi siswa berdasarkan teks naratif, memberikanpertanyaan yang berkaitan dengan teks, dan siswa menjawab pertanyaan yangdiberikan guru. Pada post-teaching guru mengecek pemahaman siswa denganmemberikan pertanyaan lain serta menyimpulkan pelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEACHING, READING COMPREHENSION
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:31
Last Modified: 27 Mar 2025 06:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item
View Item