Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Kartu Flash terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Melandari, Ella (2012) Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Kartu Flash terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ELLA MELANDARI_86225_2012.pdf] Text
B1_3_ELLA MELANDARI_86225_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran seringdidominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Hal ini terlihat dari kurangnyaketerlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan hanya guru saja yang aktifsehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna, terkesan monoton, timbulkejenuhan siswa, dan pada akhirnya siswa tidak memahami materi yang telahdipelajari sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar Biologi siswa.Pembelajaran dengan menggunakan kartu flash diharapkan dapat meningkatkanmotivasi siswa dalam pembelajaran biologi dan pada akhirnya meningkatkan hasilbelajar Biologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpembelajaran menggunakan kartu flash terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIISMP N 2 Painan tahun pelajaran 2011/2012. Hipotesis Penelitian ini adalahpembelajaran menggunakan kartu flash berpengaruh terhadap hasil belajar biologisiswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitianrandomized control-group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruhsiswa kelas VIII SMPN 2 Painan yang berjumlah 129 orang yang terkelompok dalam4 kelas selain kelas unggul. Data awal seluruh kelas yang menjadi populasi penelitianterdistribusi normal dan homogen, Oleh karena itu, untuk menentukan kelas sampeldigunakan teknik random sampling. Dari hasil pengundian didapatkan kelas VIII3sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII4 sebagaikelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Data yang diambil dalam penelitian iniadalah data primer berupa hasil tes akhir dari kedua kelas sampel yang terpilih,kemudian di analisis menggunakan uji t, dengan kriteria jika thitung > ttabel hipotesiskerja diterima dan sebaliknya.Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung yaitu 3,86. Bila dibandingkandengan ttabel yaitu 1,67, maka thitung > ttabel. Dengan demikian, hipotesis kerja yangdikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwapembelajaran menggunakan kartu flash berpengaruh pada taraf signifikan 0,05terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan tahun pelajaran2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, KARTU FLASH, BIOLOGI S
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:31
Last Modified: 27 Mar 2025 06:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item
View Item