Rahmadani, Elfira Rati (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing disertai Handout Inggris-Indonesia terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_ELFIRA RATI RAHMADANI_01831_2012.pdf [thumbnail of B1_3_ELFIRA RATI RAHMADANI_01831_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_ELFIRA RATI RAHMADANI_01831_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran Biologi serta rendahnyahasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Padang menuntut guruuntuk memilih pendekatan, metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebutdengan melakukan penelitian dengan pembelajaran kooperatif tipe SnowballThrowing disertai handout Inggris- Indonesia. Penelitian ini bertujuan untukmelihat pengaruh hasil belajar Biologi siswa melalui pembelajaran kooperatif tipeSnowball Throwing disertai handout Inggris-Indonesia di Kelas XI IPA SMANegeri 3 Padang tahun pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswaKelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran2011/2012 sebanyak 7 kelas, sedangkan sampel adalah Kelas XI IPA 7 sebagaikelas eksperimen dan Kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol yang diambil denganmenggunakan teknik Random Sampling. Rancangan penelitian ini adalahRandomized Control-Group Posttest Only Design. Instrumen yang digunakanberupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian denganteknik analisa data dengan uji t.Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terlihat bahwa kelas yangmenggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disertai handoutInggris-Indonesia memiliki rata-rata nilai (81,97) yang lebih tinggi jikadibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipeSnowball Throwing disertai handout Inggris-Indonesia. Sedangkan dariperhitungan t-tes diperoleh t hitung = 6,71 dan t tabel = 1,67. Harga thitung > ttabel,artinya hipotesis kerja yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada tarafkepercayaan 95% yaitu terdapat pengaruh positif dari pembelajaran kooperatiftipe Snowball Throwing disertai handout Inggris-Indonesia terhadap hasil belajarBiologi siswa SMA Negeri 3 Padang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaanpembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disertai handout InggrisIndonesia dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa Kelas XI IPA di SMANegeri 3 Padang tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HANDOUT, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 06:13 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 06:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5062 |