The Use of RIDER( Read or listen, Image, Describe,Evaluate and Repeat ) Strategy in Teaching Listening Descriptive Text at Junior High School.

Novita, Diana (2013) The Use of RIDER( Read or listen, Image, Describe,Evaluate and Repeat ) Strategy in Teaching Listening Descriptive Text at Junior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_DIANA_NOVITA_12251_4048_2013.pdf] Text
B1_3_DIANA_NOVITA_12251_4048_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mendengarkan merupakan salah satu keterampilan pokok dalammempelajari bahasa yang memfasilitasi komunikasi antar individu. Mendengarkanbegitu penting untuk dikuasai bagi setiap individu untuk menciptakan komunikasiyang efektif. Semakin baik kemampuan mendengar setiap individu maka semakinlancar pula komunikasi yang terjalin. Dalam aktivitas belajar bahasa, keefektifandalam mendengarkan dirasa sangat lah penting. Namun, seringkali para siswamengalami kendala dalam mendengarkan, termasuk ketika mendengarkan textdescriptive. Dalam hal ini, guru sebaiknya menyiapkan suatu strategi untukmembantu para siswa dalam meningkatkan kemampuan mendengar mereka.Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan penerapanRIDER strategi guna memotivasi siswa dan meningkatkan kemampuanmendengar siswa dalam belajar mendengarkan teks descriptive pada satuanpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). RIDER (Read or listen, Image,Describe, Evaluate and Repeat) strategi merupakan salah satu strategi alternatifyang bisa digunakan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan mendegarkanteks descriptive. Strategi ini terdiri dari beberapa langkah. Pertama, Read orListen, yakni siswa mendengarkan teks descriptive tersebut. Kedua Image, yaknipara siswa membayangkan apa yang sudah didengarnya. Ketiga, Describe, siswamenuangkan apa yang sudah dibayangkannya pada langkah sebelumnya dalambentuk kata kata dan gambar. Keempat, Evaluate, siswa mengevaluasi apa yangtelah dibuatnya dan juga didengarnya. Kelima, Repeat, siswa melakukanpengulangan kembali, dimulai dari langkah awal hingga langkah keempat.Dengan demikian, RIDER strategy diharapkan dapat memberikan kontribusi yanglebih baik dalam pengajaran mendengarkan teks descriptive bagi siswa di SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEACHING LISTENING, DESCRIPTIVE TEXT
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:06
Last Modified: 27 Mar 2025 06:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item
View Item