Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Biologi Sma Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Pernapasan.

Delta, Dian (2011) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Biologi Sma Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Pernapasan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_DIAN DELTA_84012_2012.pdf] Text
B1_3_DIAN DELTA_84012_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada kurikulum 2006, siswa dituntut untuk bisa menghubungkan materipelajaran dengan dunia nyata. Untuk membantu siswa dalam membuat hubunganantara materi pelajaran dengan dunia nyata, guru dapat menggunakan pendekatankontekstual. Untuk menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran,guru dapat membuat bahan ajar yang cocok, yaitu LKS. LKS yang digunakan disekolah saat ini belum berbasis kontekstual. Berdasarkan hal tersebut telahdilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan LKS berbasis kontekstual padamateri sistem pernapasan yang valid dan praktis serta menghasilkan respons yangbaik dari guru dan siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan denganmenggunakan 4-D model yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 4 tahap yaitu,define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dandisseminate (penyebaran), namun tahap disseminate (penyebaran) tidakdilakukan. Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa dananalisis tugas. Analisis tugas terdiri atas analisis struktur isi, analisis konsep dananalisis tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan LKSberbasis kontekstual. Pada tahap develop dilakukan uji validitas, praktikalitas danrespons. Uji validitas oleh validator yang terdiri atas 3 orang dosen BiologiFMIPA UNP dan 3 orang guru SMA. Uji praktikalitas oleh guru biologi dan siswakelas XI SMA 1 Solok, selain itu juga diminta respons guru dan siswa terhadapLKS yang dihasilkan dengan menggunakan angket. Data ini dianalisis dengananalisis deskriptif.Hasil uji validitas LKS dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis olehvalidator menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan valid. Hasil uji praktikalitasLKS dari aspek kemudahan penggunaan dan efisiensi waktu pembelajaran olehguru dan siswa menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan praktis. Respons gurudan siswa mengenai LKS juga dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwaLKS berbasis kontekstual pada materi sistem pernapasan yang dihasilkan sudahvalid dan praktis serta mendapat respons yang baik dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA SISWA, PERNAPASAN, BIOLOGI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:06
Last Modified: 27 Mar 2025 06:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item
View Item