Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbantuan Multimedia Komputer

Prihartini, Yogia (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbantuan Multimedia Komputer. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_YOGIA_PRIHARTINI_1104300_5055_2018.pdf] Text
B1_7_08_YOGIA_PRIHARTINI_1104300_5055_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya model pembelajaran yang
sedang berlaku dan dilaksanakan saat itu. Hal ini didasari kurangnya semangat inovasi
dalam mengembangkan pembelajaran di kelas, terkesan pembelajaran tergantung kepada
buku paket yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model
pembelajaran dalam rangka upaya memperbaiki kualitas pembelajaran bahasa Arab.
Model pembelajaran bahasa Arab dengan berbantuan multimedia komputer dipilih
sebagai model untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi
belajar mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Arab, terutama dalam memperoleh
kemampuan skill berbahasa Arab dan kemampuan gramatikal / tata bahasa arab untuk
mahasiswa pada FITK di IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(research and development) dengan memodifikasi 3 langkah pelaksanaan penelitian
menjadi tiga langkah penelitian sebagai berikut; studi pendahuluan, pengembangan
model, dan uji validasi model. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa FITK di IAIN
Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan dosen bahasa Arab.Teknik pengumpulan data adalah
observasi, angket, wawancara, studi dokumentasi, dan tes lisan dan tulisan. Teknik
analisis data adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif (ujistatistik).
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan model pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi lisan yang terdiri atas lima fase pembelajaran,
yaitu, fase orientasi, fase pemberian perintah, fase bertukar peran, fase latihan terstruktur
(structured practice), dan fase latihan terbimbing (guided practice). serta dapat
meningkatkan pemahaman terhadap tatabahasa arab/ qawaid (nahwu wa sharfi ) yang
terdiri dari unsur-unsur bahasa Arab yang terdiri dari Huruf (harf), Kata (kalimatu),
kalimat (jumlatu), sibhul jumlah dan wacana (uslub) serta sesuai dengan kaidah-kaidah
bahasa Arab.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : 1) model pembelajaran bahasa
Arab dengan memanfaatkan multimedia mampu membantu mahasiswa dalam belajar
bahasa Arab khususnya kemampuan komunikasi lisan mahasiswa dan kemampuan
gramatikal / tata bahasa (qawa'id) untuk mahasiswa FITK di IAIN Sulthan Thaha
Saifuddin Jambi. 2) Model Pembelajaran Bahasa Arab dengan memanfaatkan Multimedia
mampu meningkatkan efektifitas kinerja para dosen karena pemanfaatan waktu dan
tenaga yang lebih efisien, sehingga dengan demikian model ini efektif untuk
memperbaiki kualitas pembelajaran bahasa Arab.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Arab ini dalam kategori sangat
baik dengan memperoleh skor rata-rata 43,92 dengan presentase keidealan sebesar
87,85%. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa
multimedia pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan layak untuk dipergunakan
sebagai salah satu sumber belajar mahasiswa dan sebagai media pendamping bagi
pengajar dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Multimedia Komputer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:05
Last Modified: 27 Mar 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item
View Item