Tamala, Yenni Yuspita (2017) Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_YENNI_YUSPITA_TAMALA_1205938_1411_2017.pdf [thumbnail of B1_02_YENNI_YUSPITA_TAMALA_1205938_1411_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_YENNI_YUSPITA_TAMALA_1205938_1411_2017.pdf
Download (8MB)
Abstract
Guru merupakan salah satu unsur yang terlibat dalam proses pembelajaran, berhasil atau tidaknya guru dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu bagaimana perencanaan silabus dan RPP, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Berdasarkan observasi guru sejarah di SMA N 3 Kota Sungai Penuh dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar belum maksimal seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1). perencanaan sebelum melakukan pembelajaran (silabus dan RPP) dalam pembelajaran sejarah di SMA N 3 kota sungai penuh 2). pelaksanaan kegiatan pembelajaran ( media dan metode) dalam pembelajaran sejarah di SMA N 3 kota sungai penuh 3). evaluasi hasil pelajaran.
Jenis penelitian ini penelitian evaluatif. Informan yang digunakan adalah guru sejarah, wakil kepala sekolah dan siswa SMA N 3 kota sungai penuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data digunakan dengan tahap-tahap pengumpulan dat, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sejarah di SMA N 3 kota sungai penuh 1). Perencanaan sebelum melakukan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Guru membuat silabus berdasarkan dengan tim MGMP antar sekolah maupun antar guru dalam sekolah. Dalam membuat RPP guru sejarah sudah menjabarkan komponen-komponen yang termasuk ke dalam komponen RPP sesuai dengan format RPP. 2). Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang ditemui dalam penguasaan kompetensi pedagogik guru sejarah terlihat belum terlaksananya media dan metode yang bervariasi sehingga siswa merasa bosan dalam belajar sejarah 3). Evaluasi hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Selanjutnya Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran media dan metode seperti gambar-gambar, peta dan foto sejarah sedangkan evaluasi hasil pelajaran sejarah belum tercapai guru melakukan remedi sampai mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 06:05 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 06:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5043 |