Pengembangan Model Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Kimia di SMA

Yerimadesi, Yerimadesi (2018) Pengembangan Model Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Kimia di SMA. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_YERIMADESI_1304369_5035_2018.pdf] Text
B1_7_08_YERIMADESI_1304369_5035_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peimplementasian model discovery learning dalam pembelajaran kimia di SMA
belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh guru, sehingga keterampilan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa belum terstimulasi secara optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran guided discovery learning
untuk menstimulasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
kimia di SMA. Pengembangan produk mengacu pada model 4D, yaitu define, design,
develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi,
angket, dan tes hasil belajar. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan kepada
sejumlah siswa SMA Negeri di Kota Padang pada tahun ajaran 2016/2017. Uji
efektifitas produk dilakukan di SMA Negeri 10 Padang. Tahap disseminate dilakukan
di SMA Negeri 7 dan 13 Padang. Hasil uji validitas dan praktikalitas produk
dianalisis dengan formula kappa Cohen’s. Hasil observasi dan keterampilan berpikir
krtitis siswa dianalisis dengan teknik persentase, serta hasil belajar siswa dengan
bantuan SPSS 16. Dari hasil penelitian diperoleh suatu model pembelajaran guided
discovery learning untuk pembelajaran kimia yang disingkat dengan model GDL-PK.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa model ini dapat menstimulai peningkatan
keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia di SMA. Oleh karena itu
model GDL-PK layak dipertimbangkan oleh guru dan calon guru untuk
diimplementasikan pada pembelajaran kimia di SMA

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Keterampilan Berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:05
Last Modified: 27 Mar 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item
View Item