Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia Berdasarkan Kronologis Peristiwa Sejarah Untuk Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang

Sari, Yeni Puspita (2018) Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia Berdasarkan Kronologis Peristiwa Sejarah Untuk Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_YENI_PUSPITA_SARI_14046055_4885_2018.pdf] Text
B1_02_YENI_PUSPITA_SARI_14046055_4885_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam
memahami materi pembelajaran sejarah bersifat kronologis dan siswa kesulitan
dalam menghubungkan peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu. Salah satu
media yang dapat membatu siswa agar bisa memahami kronologis peristiwa
sejarah berdasarkan waktunya adalah menggunakan bantuan media video
pembelajaran sejarah yang disusun berdasarkan urutan waktu kejadiannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran
sejarah berbasis multimedia berdasarkan kronologis peristiwa sejarah untuk SMA
yang layak dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) menggunakan model 4D. Model ini terdiri dari beberapa tahap
pertama tahap Define dilakukan dengan observasi di SMAN 7 Padang, ditemukan
bahwa siswa kesulitan dalam menghubungkan peristiwa sejarah berdasarkan
urutan waktunya (kronologis), kedua tahap Design merancang media video
pembelajaran sejarah dan menyusun instrumen angket validasi dan praktikalitas,
ketiga tahap Develop mengembangkan media video pembelajaran sejarah dengan
menggunakan aplikasi videoscribe dan movie maker selanjutnya melakukan
validasi materi dan media oleh dosen ahli. Subjek uji coba pada penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Padang yang berjumlah 32 orang siswa
serta guru sejarah. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis
kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa video pembelajaran
sejarah berbasis multimedia. Hasil validasi produk dilakukan oleh 2 orang dosen
ahli, sedangkan uji coba produk dilakukan oleh 2 orang guru sejarah dan 32 orang
siswa kelas XI MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media
berdasarkan penilaian ahli materi menyatakan video sejarah sangat layak
digunakan dengan rerata penilaian sebesar 4,25 sedangkan rerata validasi ahli
media diperoleh skor 4,75 dengan kategori sangat layak. Produk penelitian juga
dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rerata 4,12 dan 4,2.
Sehingga dengan demikian video pembelajaran sejarah yang dihasilkan sudah
layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:05
Last Modified: 27 Mar 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item
View Item