Fajri, Yendika Arya (2022) Efektivitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menganyam bagi Anak Tunagrahita Ringan (Pre-Experiment di Kelas X SLB Ummi Khaira Pasaman Barat). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_Yendika_Arya_Fajri_18003041_825_2023.pdf [thumbnail of B1_02_Yendika_Arya_Fajri_18003041_825_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_Yendika_Arya_Fajri_18003041_825_2023.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB Ummi Khaira Pasaman Barat, bahwa penerapan keterampilan menganyam di SLB Ummi Khasira tidak dapat digunakan sebagai hasil karya yang memiliki nilai jual. Guru mengharapkan adanya hasil anyaman anak yang dapat bernilai jual dan bahan bakunya mudah ditemukan sehingga dapat dimanfaatkan untuk keberlanjutan hidup anak. Berdasarkan hal tersebut peneliti memberikan inovasi berupa pembelajaran keterampilan dengan bahan alam yaitu lidi kelapa sawit sebagai bahan membuat anyaman piring dengan menggunakan Project Based Learning.
Penelitian ini menggunakan jenis dari desain eksperimen yang dapat digunakan dalam penelitian, yaitu Pre- Experimen. Untuk penelitian ini penulis menggunakan Pre- Experimen design. Jenis desain eksperimen yang digunakan adalah jenis desain one group pretest and posttest design. . Pada tahap pretest dilakukan dalam 1 jam dengan mendapatkan rata-rata 9. Tahap treatment (perlakuan) terhadap anak dengan menggunakan metode project based learning yang dilakukan sebanyak 4 kali. Pada tahap posttest di dapat rata-rata 87 dengan nilai tertinggi 90.
Berdasarkan pengumpulan data yang telah dilakukan diperoleh nilai pada tahap pretest dan potstest dan kemudian nanti akan diuji dengan menggunakan uji wilcoxon sign rank test. Dari hasil uji wilcoxon sign rank test didapatkan hasil Z hitung = -2.032b dengan probabilitas atau asymp sig (2- tailed )= 0.042. Dengan begitu dapat diketahui bahwa probabilitas Z hitung kurang dari probabilitas yang ditetapkan (0.042 < 0.05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa metode Project Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional dalam membuat piring anyaman lidi kelapa sawit pada anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Ummi Khaira Pasaman Barat. Dengan menggunakan metode Project Based Learning ini dapat menyelesaikan sebuah project yang dilakukan secara bersama atau sekelompok sehingga project yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROJECT BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 06:05 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 06:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5038 |