Pengembangan Perangkat Pembelajaran Disain Ragam Hias Berbantuan Program Corel Draw untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Tata Busana

Idrus, Yenni (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Disain Ragam Hias Berbantuan Program Corel Draw untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Tata Busana. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_YENNI_IDRUS_0791706_3549-2017.pdf] Text
B1_7_08_YENNI_IDRUS_0791706_3549-2017.pdf

Download (863kB)

Abstract

Pembelajaran Disain Ragam Hias pada Program Studi Tata Busana di
Universitas Negeri Padang selama ini umumnya belum menerapkan pembelajaran
yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa. Selain itu, juga belum pernah
ada perangkat pembelajaran yang memang bertujuan meningkatkan kreativitas
mahasiswa tata busana. Padahal, kreativitas merupakan kemampuan yang harus
dimiliki mahasiswa tata busana yang merupakan designer masa depan. Tujuan
utama penelitian ini adalah mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran
Disain Ragam Hias yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa tata busana,
baik dalam berpikir maupun berkarya. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan ini disandingkan dengan penggunaan program Corel Draw yang
merupakan salah satu aplikasi komputer untuk disain visual. Dengan produk ini
diharapkan mahasiswa dapat terbiasa dan dalam mendesain sebuah motif sebab
kreativitas lahir dari kebisaan dan kebiasaan.
Pengembangan perangkat pembelajaran Disain Ragam Hias berbantuan
program Corel Draw ini melewati tahapan ADDIE, yaitu (1) Analysis (Analisis);
(2) Design (Disain); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementation
(Penerapan); dan (5) Evaluation (Evaluasi). Produk yang dikembangkan meliputi
silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), buku, dan perangkat penilaian dengan
memperhatikan pada peningkatan kreativitas mahasiswa tata busana. Kreativitas
yang dijadikan fokus penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa untuk
bervariasi (variation), mengkombinasi (combination), dan menciptakan sesuatu
yang baru (original creation). Produk yang dikembangkan lalu diuji konsistensi
internalnya oleh empat orang pakar.
Berdasarkan hasil uji konsistensi internal dan implementasi, produk yang
dikembangkan ini dikategorikan sangat valid dengan skor 4,52. Produk yang
dikembangkan ini juga dikategorikan sangat praktis dengan skor 4,41 serta efektif
dengan skor 4,13. Berdasarkan hasil implementasi diketahui juga bahwa hasil
belajar mahasiswa, baik dari tes formatif, tes performance, maupun tes kreativitas
mahasiswa yang belajar dengan menggunakan produk yang dikembangkan
ternyata lebih tinggi dari pada yang diperoleh mahasiswa yang belajar secara
konvensional atau manual. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa
yang belajar dengan perangkat pembelajaran Disain Ragam Hias berbantuan
program Corel Draw cenderung mengalami peningkatan. Jadi, dapat dikatakan
bahwa produk yang dikembangkan ini efektif dalam peningkatan kreativitas
mahasiswa tata busana, terutama dalam pembelajaran disain ragam hias

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Perangkat Pembelajaran Disain Ragam Hias Corel Draw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:42
Last Modified: 27 Mar 2025 04:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item
View Item