Wibowo, Agus (2013) Aplikasi Reinforcement oleh Guru Mata Pelajaran dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif di SMA Adabiah 2 Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_AGUS_WIBOWO_1103675_3404_2013.pdf
Download (579kB)
Abstract
Penelitian 
ini 
berawal 
dari 
masalah masih rendahnya guru 
mengaplikasikan reinforcement terhadap perilaku positif yang ditunjukkan  siswa 
dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil wawancara yang dilakukan 
kepada siswa di salah satu SMA swasta di Padang, yang menyatakan bahwa 
ketika siswa melakukan perilaku positif, seperti berani bertanya atau berhasil 
menjawab pertanyaan, guru tidak segera memberikan penguatan,  
ketika 
memberikan penguatan sikap guru kurang ramah,dan jenis penguatan yang 
diberikan kurang bervariasi. 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tingkat pengaplikasian 
reinforcement, 2)  pengaplikasian jadwal reinforcement, 3) jenis-jenis reinforcement, dan 
4) cara pemberian reinforcement oleh guru mata pelajaran.  Populasi penelitian adalah 
seluruh siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang  tahun pelajaran 2012/2013 yang 
berjumlah 325 siswa. Penentuan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, dan 
diperoleh jumlah sampel penelitian sebesar 176 siswa. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan 
yang digunakan adalah  deskriptif kuantitatif.  Penelitian dilaksanakan pada bulan 
April 2013. Data penelitian diperoleh melalui skala Semantic Differential. 
Analisis data penelitian menggunakan mean hipotetic untuk mengetahui tingkat 
pengaplikasian reinforcement, sedangkan untuk mengetahui deskripsi dan arah 
penilaian siswa terhadap jadwal pengaplikasian reinforcement, jenis-jenis 
reinforcement, dan cara guru memberikan reinforcement, data dianalisis dengan 
skor rata-rata (mean) pada setiap indikator. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengaplikasian reinforcement 
guru mata pelajaran berada pada kategori tinggi, dan interpretasi siswa terhadap 
jadwal pengaplikasian reinforcement, jenis-jenis reinforcement, dan cara 
pemberian reinforcement oleh guru mata pelajaran dalam proses pembelajaran 
positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) tingkat 
pengaplikasian reinforcement oleh guru mata pelajaran berkategori tinggi, 2) skor 
rata-rata pada indikator jadwal pemberian reinforcement   
tinggi dan arah 
penilaian siswa positif, 3) Skor rata-rata untuk jenis-jenis reinforcement oleh guru 
mata pelajaran tinggi dan arah penilaian siswa positif, 4) skor rata-rata cara guru 
memberikan reinforcement tinggi dan penilaian siswa menunjukkan arah yang 
positif. 
Implikasi hasil penelitian terhadap bimbingan dan konseling adalah: 1) 
guru bimbingan dan konseling menyelenggarakan layanan konseling individual, 
untuk memantapkan perilaku positif siswa setelah diberikan penguatan oleh guru 
mata pelajaran, 2) guru bimbingan dan konseling meningkatkan kerjasama dengan 
guru mata pelajaran dengan memberikan informasi tentang karaktersitik siswa, 
hobi,dan minat siswa, sehingga akan menjadi bahan masukan bagi guru mata 
pelajaran dalam menentukan jenis-jenis reinforcement yang tepat untuk siswa, dan 
3) guru bimbingan dan konseling mengadakan konsultasi bersama dengan guru 
mata pelajaran dalam rangka meningkatkan efektifitas pengaplikasian 
reinforcement.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:32 | 
| Last Modified: | 27 Mar 2025 04:32 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5033 | 
         