Yulia, Resti and Mayar, Farida and Safrizal, Safrizal (2021) Dampak Pembelajaran Daring Di Taman Kanak-Kanak Terhadap Sense Of Belonging Siswa Pada Teman, Sekolah, Dan Guru. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3 (2). p. 45. ISSN 2655-6561
![45_FARIDA_MAYAR_DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK.pdf [thumbnail of 45_FARIDA_MAYAR_DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
45_FARIDA_MAYAR_DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK.pdf
Download (539kB)
Abstract
Pembelajaran daring menjadi isu yang paling banyak dibacarakan pada saat
pandemi. Hal itu disebabkan karena sebagian besar stakeholder belum siap
untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, baik itu kendala teknis
maupun kendala non teknis. sayangnya pembelajaran daring justru menyentuh
semua kalangan, baik itu jenjang Perguruan Tinggi hingga jenjang Taman
Kanak-kanak. Alhasil, pembelajaran daring pada jenjang TK tidak berjalan
maksimal bahkan mengundang keluhan dari para orangtua di rumah. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring di taman
kanak-kanak terhadap sense of belonging siswa pada Teman, Sekolah, dan guru.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan peneliti
sebagai instrumen. Untuk memperoleh data yang lengkap, peneliti
menggunakan tiga prores pengumpulan data, yakni wawancara mendalam,
observasi partisipasi, serta dokumentasi. Guna memperoleh data penelitian
yang kredibel, analisis data merujuk pada model miles and huberman dengan
triangulasi sebagai teknik penjaminan keabsahan data. Hasil penelitian
menemukan bahwa pembelajaran daring bagi siswa TK yang baru masuk atau
yang sudah bersekolah membuat mereka kehilangan rasa memiliki. Beberapa
temuan dideskripsikan ketidakmauan anak dalam mengikuti pembelajaran
daring karena mereka tidak mengenal gurunya, sekolahnya, dan temannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:24 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5030 |