Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Linguistik Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fitri, Rahmiatul and Bentri, Alwen and Taufina, Taufina and Mayar, Farida (2020) Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Linguistik Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11 (1). pp. 67-74. ISSN 2614-3674

[thumbnail of 42_FARIDA_MAYAR_Hubungan_Antara_Konsep_Diri_dan_Kecerdasan_Linguistik_dengan_Kepercayaan_Diri_Siswa.pdf] Text
42_FARIDA_MAYAR_Hubungan_Antara_Konsep_Diri_dan_Kecerdasan_Linguistik_dengan_Kepercayaan_Diri_Siswa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa dalam
pembelajaran bahasa Indonesia yang menghambat proses belajar mengajar karena
dalam pembelajaran bahasa Indonesia menuntut siswa aktif mendengar, berbicara,
membaca, dan menulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa
kelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini tergolong
penelitian korelasional. Fakta menunjukkan kurangnya kepercayaaan diri siswa
ketika proses pembelajaran bahasa Indonesia. Aspek menyimak terlihat siswa kurang
memiliki kemampuan yang baik dalam menyimak karena materi menyimak yang
dianggap sulit dipahami oleh siswa. Siswa kurang percaya diri untuk berbicara
terutama berbicara di depan kelas. Kemampuan berbicara kurang dilatih sejak dini
sehingga berlanjut sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Pembelajaran membaca
seringkali diidentikkan dengan membaca pemahaman, membaca sekilas, dan
sebagainya semua proses membaca mempengaruhi kepercayaan diri yang menurunkan
kecerdasan linguistiknya. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang percaya diri dapat
menyimak dengan baik dengan menonjolkan pemahaman konsep diri yang
meningkatkan kepercayaan diri terhadap hasil simakannya. Berbicara meningkatkan
percaya diri siswa ketika berbicara di depan kelas. Ketika telah dipahami bagaimana
konsep diri pribadi siswa, siswa menjadi percaya diri berbicara di kelas karena
pembelajaran bahasa Indonesia kemampuan siswa dalam berbicara lebih banyak
dilatih baik berbicara di depan kelas maupun ketika diskusi kelas.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:10
Last Modified: 27 Mar 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item
View Item