Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Larasani, Novita and Yeni, Indra and Mayar, Farida (2020) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (3). pp. 2368-2374. ISSN 2614-3097

[thumbnail of 37_FARIDA_MAYAR_Hubungan_Pola_Asuh_Orang_Tua_dengan_Kepercayaan_Diri_Anak_Usia_Dini.pdf] Text
37_FARIDA_MAYAR_Hubungan_Pola_Asuh_Orang_Tua_dengan_Kepercayaan_Diri_Anak_Usia_Dini.pdf

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan
kepercayaan diri anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Kepercayaan diri anak seharusnya
dapat timbul dan dibentuk sesuai dengan pola asuh yang diberikan oleh orangtua kepada
anaknya. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data
dengan menelaah sumber primer berupa buku, referensi dan jurnal yang relevan dengan
masalah penelitian. Setelah mendapatkan data yang diperlukan maka dilanjutkan dengan
menganalisis data. Analisis dilakukan dengan menghubungkan permasalahan dengan
konsep dan teori yang relevan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pola asuh
orangtua memiliki hubungan yang positif terhadap kepercayaan diri anak usia dini. Adapun
pola asuh orangtua yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anak yaitu pola asuh
demokratif. Pendekatan orangtua kepada anak usia dini melalui pola asuh yang sesuai
sangat penting untuk perkembangan anak, salah satunya adalah kepercayaan diri. Anak
akan memiliki kepercayaan diri yang baik jika orangtua memberikan pola asuh yang sesuai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: studi literatur, pola asuh orangtua, kepercayaan diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:18
Last Modified: 27 Mar 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item
View Item