Agusrialdi, Agusrialdi (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 15 Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AGUSRIALDI_51902_3552_2012.pdf [thumbnail of B1_1_AGUSRIALDI_51902_3552_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AGUSRIALDI_51902_3552_2012.pdf
Download (103kB)
Abstract
Motivasi dan hasil belajar siswa merupakan masalah yang erat hubungannya
dengan kesuksesan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti
sebagai guru IPS di kelas IX.2 SMP Negeri 15 Kota Pekanbaru, ditemukan masalah
dalam pembelajaran IPS yaitu rendahnya motivasi belajar siswa mengikuti proses
pembelajaran IPS, dan rendahnya hasil belajar siswa.
Salah satu usaha yang dilakukan guru dalam pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar IPS. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa juga
dapat menemukan sendiri konsep yang dipelajari secara berkelompok, sehingga
siswa dapat menerapkan konsep pelajaran tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari
siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas
(classroom action research) pada pembelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX.2 SMP Negeri 15 Kota Pekanbaru sebanyak 38 orang.
Penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan
adalah lembaran observasi terhadap aktivitas guru, lembaran observasi motivasi
belajar siswa, dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini mengungkapkan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa dalam
pembelajaran IPS di kelas IX.2 SMP Negeri 15 Kota Pekanbaru. Peningkatan terjadi
dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil belajar
siswa sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Persentase jumlah siswa yang
mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 73,7%, dan pada siklus II tercapai
ketuntasan sebesar 94,7%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:17 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5007 |