Kamzy, Nurliyana (2019) fektivitas Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Pembuatan Taoge pada Anak Tunagrahita Ringan (Pre-Eksperimental Pada Kelas VII di YPAC Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NURLIYANA_KAMZY_14003015_3576_2019.pdf [thumbnail of B1_02_NURLIYANA_KAMZY_14003015_3576_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NURLIYANA_KAMZY_14003015_3576_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keterampilan vokasional pembuatan taoge pada anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan model explicit intruction efektif
digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional pembuatantan taoge pada anak tunagrahita ringan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang berbentuk pre-eksperimental dengan jenis one group pretest-postest design. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data melalui observasi dilakukan tiga kali,
pretest untuk mengetahui kondisi awal kemampuan pembuatan taoge, selanjutnya diberikan treatment dengan menggunakan model explicit intruction dan dilanjutkan dengan memberikan posttest diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Tast. Dari hasil penelitian uji statistik yang telah di analisis menggunakan program SPSS 23 penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 53,80
sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 85,80. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperolah nilai rank tast antara pretest
dan posttest 2,060 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,039.Probabilitas yang telahditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas < dari
probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,039 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan model explicit intruction dalam meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan taoge pada anak tunagrahita menjadi meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4999 |