Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kokedama Melalui Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VII Bagi Anak Tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu.

Septriani, Yazvi (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kokedama Melalui Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VII Bagi Anak Tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_YAZVI_SEPTRIANI_15003141_5363_2019.pdf] Text
B1_02_YAZVI_SEPTRIANI_15003141_5363_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VII B SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh pada dua orang anak tunarungu yang mengalami permasalahan dalam proses pembeleajaran keterampilan yaitu belum terampil dalam membuat kokedama. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut melalui pembelajaran Discovery Learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas yang merangkap sebagai guru keterampilan yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membuat kokedama melalui pembelajaran Discovery Learning mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari persentase nilai anak LS mengalami peningkatan dari kemampuan awal 35,19%, siklus I 70,37% dan siklus II 85,19%. Sedangkan kemampuan awal DR mendapatkan presentase sebesar 42,59%, siklus I 83,33% dan siklus II 92,59%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran membuat kokedama bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:56
Last Modified: 27 Mar 2025 01:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4991

Actions (login required)

View Item
View Item