Asdi, Ahmad (2012) Kontribusi Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AHMAD_ASDI_19643_5692_2012.pdf [thumbnail of B1_1_AHMAD_ASDI_19643_5692_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AHMAD_ASDI_19643_5692_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan kasat mata di lapangan masih banyak guru yang
lalai dalam menyiapkan perangkat mengajarnya. Bahkan beberapa dari mereka,
mengajar di kelas tanpa menggunakan RPP. Diduga kinerja guru masih rendah
dalam melaksanakan tugasnya. Kurangnya kinerja guru diduga karena faktor
motivasi kerja guru dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang
belum maksimal. Lebih lanjut lagi akan mengakibatkan rendahnya mutu
pendidikan atau kompetensi siswa pada suatu sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
Motivasi Kerja Guru dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap
kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan. Terdapat tiga
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu motivasi kerja guru
berkontribusi terhadap kinerja guru, Kepemimpinan transformasional kepala
sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, motivasi kerja guru dan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja
kerja guru
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional
dengan populasi guru Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan
sebanyak 265 dan sampel penelitian sebanyak 82 orang yang diambil
menggunakan teknik stratified proportional random sampling dengan
mempertimbangkan masa kerja dan strata pendidikan. Instrumen yang digunakan
adalah angket yang sudah diuji kehandalan dan kesahihannya dengan program
Monas tahun 2009. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik
korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Motivasi Kerja Guru berkontribusi
signifikan terhadap Kinerja guru sebesar 9,6 % (2) Kepemimpinan
transformasional kepala sekolah berkontribusi signifikan terhadap Kinerja guru
sebesar 5,5 % (3) Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan transformasional
kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap Kinerja
guru sebesar 13,1 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat
diterima secara empiris. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja
guru dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah merupakan dua faktor
yang berkontribusi terhadap Kinerja guru. Oleh karena itu diharapkan kepada
pihak-pihak terkait agar memperhatikan kedua faktor tersebut agar Kinerja guru
dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 01:56 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 06:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4989 |