Pangaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Musik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pekanbaru

Rafik, Ahmad. (2012) Pangaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Musik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AHMAD_RAFIK_52882_2331_2013.pdf] Text
B1_1_AHMAD_RAFIK_52882_2331_2013.pdf

Download (193kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 6
Pekanbaru, ditemukan bahwa siswa kurang serius dalam belajar karena guru
dalam mengajarkan seni musik masih menggunakan model pembelajaran
konvensional secara monoton, suasana belajar terkesan kaku dan didominasi
oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Siswa
tidak aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan hasil belajar mereka
tidak memuaskan, oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran
2011/2012, populasi diambil dari siswa kelas VIII dengan menggunakan
teknik pengambilan sampel secara random terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol.
Data dikumpulkan dengan memberikan tes angket motivasi belajar
untuk menentukan siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar
rendah dan tes akhir untuk hasil belajar siswa. Hasil tes dianalisis dengan
menggunakan t-test dan Anava.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran konvesional; (2) tidak ada interaksi antara model pembelajaran
dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) hasil belajar siswa
dengan motivasi tinggi kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa
kelas konvensional (4) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah kelas
eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas konvensional
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II efektif digunakan untuk meningkatkan
hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran Seni Musik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:49
Last Modified: 27 Mar 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4984

Actions (login required)

View Item
View Item