Nurhalisa, Nurhalisa (2020) Efektivitas Pendekatan Orton-Gillingham untuk Mengurangi Kesalahan Membaca pada Anak dengan Disleksia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NURHALISA_16003106_868_2020.pdf [thumbnail of B1_02_NURHALISA_16003106_868_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NURHALISA_16003106_868_2020.pdf
Download (5MB)
Abstract
Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang individu karena sebagian besar informasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari berbentuk tulisan, sehingga memerlukan keterampilan membaca untuk
dapat memperoleh informasi tersebut. Ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam membaca atau disebut dengan istilah disleksia. Anak dengan disleksia sering dijumpai di sekolah reguler, dan mereka memerlukan bimbingan
dalam belajar membaca agar dapat mengurangi kesalahan membaca yang dilakukan oleh anak yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca. Bimbingan yang diberikan dapat berupa intervensi yang salah satunya
yaitu pendekatan Orton-Gillingham yang merupakan pendekatan dalam pembelajaran membaca yang memang sudah sering diberikan kepada anak dengan disleksia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan
membaca pada anak dengan disleksia menggunakan pendekatan Orton-Gillingham. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain tunggal atau Single Subject Research. Desain yang digunakan adalah multiple probe across behavior dengan tiga jenis perilaku yang menjadi target intervensi yaitu kesalahan membaca pada kelompok kata k-v-v-k, kata dengan konsonan rangkap
“ny” dan kata dengan konsonan rangkap “ng”. Partisipan adalah seorang anak perempuan berusia sepuluh tahun yang duduk di kelas IV SDN 15 Ulu Gadut.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan alat pengumpulan data berupa
instrumen tes kesalahan membaca kata dengan tiga kelompok kata. Sedangkan teknik analisisi data menggunakan metode analisis visual. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketika pemberian intervensi kesalahan membaca yang dilakukan oleh anak dengan disleksia berkurang pada ketiga kelompok kata, dengan perbandingan mean level dari 9,67 menjadi 3,3 untuk kelomok kata pertama, 8,3 menjadi 1,83 pada kelompok kata kedua dan 8,1 menjadi 4,3 pada kelompok kata ketiga. Selain itu kecenderungan arah menurun pada kondisi pemberian intervensi. Dapat disimpulkan bahwa pemberian intervensi
dengan pendekatan Orton-Gillingham dapat mengurangi kesalahan membaca pada anak dengan disleksia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 01:49 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 01:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4982 |