Peran Guru BK dan Guru Mata Pelajaran dalam Mengembangkan Minat Karier Siswa (Studi pada SMA Don Bosco Padang)

Sarih, Ahmad (2012) Peran Guru BK dan Guru Mata Pelajaran dalam Mengembangkan Minat Karier Siswa (Studi pada SMA Don Bosco Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AHMAD_SARIH_70172_4903_2012.pdf] Text
B1_1_AHMAD_SARIH_70172_4903_2012.pdf

Download (262kB)

Abstract

Kerjasama guru mata pelajaran dengan guru BK dalam mengembangkan
minat karir siswa dapat dilaksanakan melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan
pendukung BK, yang mana salah satu bentuk kerjasama guru mata pelajaran
dengan guru BK adalah guru mata pelajaran memberikan informasi kepada guru
BK tentang para siswa yang memerlukan bimbingan terhadap guru BK. Pemilihan
dan pengambilan keputusan tentang karir yang sesuai dengan bakat dan
kemampuan siswa sangat penting bagi masa depan dan kebahagiaan siswa.
Masalah karir yang dihadapi siswa di sekolah, khususnya SMA Don Bosco
Padang antara lain salah memilih jurusan, pilihan didasarkan atas saran teman
atau orang tua saja, dan memilih jurusan serta perguruan tinggi tanpa
pertimbangan yang cukup matang.
Penelitian ini mengungkapkan gambaran mengenai peran guru BK dan
guru mata pelajaran dalam mengembangkan minat karir siswa melalui berbagai
jenis layanan dan kegiatan pendukung yang ada pada Bimbingan dan Konseling.
Penelitian ini bersifat deskriptif-kuantitatif dengan mengambil populasi
siswa SMA Don Bosco Padang sebanyak 822 siswa, sampelnya ditarik dengan
teknik propotional random sampling, yang mana jumlah sampelnya sebanyak 278
siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan model
skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
persentase.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru BK dirasakan tinggi oleh
siswa dalam mengembangkan minat karir mereka dalam layanan informasi,
layanan penempatan dan penyaluran, layanan konseling kelompok, bimbingan
kelompok dan kegiatan aplikasi instrumentasi. Sedangkan dalam layanan
orientasi, serta kegiatan tampilan kepustakaan peran guru BK dirasakan sedang
oleh siswa. Peran guru BK secara keseluruhan dalam mengembangkan minat karir
siswa cenderung tinggi, dan peran guru mata pelajaran cenderung sedang, salah
satu bentuk kerjasama yang dilakukan oleh guru BK dengan guru mata pelajaran
adalah
1. mengatasi peserta didik yang mengalami prestasi yang rendah
disekolah.
2. merundingkan jurusan yang akan ditempati oleh peserta didik yang
bersangkutan.
Selanjutnya perkembangan minat karir siswa selama belajar di sekolah
cenderung sedang. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa terdapat peran guru
BK dan guru mata pelajaran terhadap pengembangan minat karir siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:41
Last Modified: 27 Mar 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item
View Item