Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang

Novriadi, Novriadi (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_NOVRIADI_1108313_945_2019.pdf] Text
B1_02_NOVRIADI_1108313_945_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah dasar bahwa bahwa peserta didik dalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari segi proses pembelajaran guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga anak
beranggapan bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SD Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang pada semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 47 Koto Tuo sebanyak 18 siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan II siklus dengan prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4)
refleksi. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan hasil tes, sumber data adalah hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes dengan instrumen
penelitian lembar observasi dan lembar tes.
Dari hasil penelitian pada siklus I penilaian terhadap RPP mendapat persentase 87,50% dengan kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek guru pada siklus I
mendapat persentase 79,17% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II 91,67% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I mendapat persentase 79,17% kualifikasi baik meningkat pada siklus II 91,67% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I 76,25 dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 90,50 dengan kualifikasi sangat baik.Dengan demikian, model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil
belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 07:50
Last Modified: 26 Mar 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item
View Item