Puspita, Dara (2013) Teaching Reading Comprehension Text to Senior High School Students by Using Collaborative Strategic Reading (CSR). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_DARA_PUSPITA_96473_96473_5043_2013.pdf [thumbnail of B1_3_DARA_PUSPITA_96473_96473_5043_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_DARA_PUSPITA_96473_96473_5043_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Membaca adalah sumber informasi paling penting dalam pembelajaranbahasa. Oleh karena itu, siswa diharapkan memiliki pemahaman yang baikterhadap teks yang mereka baca. Namun pada kenyataannya, siswa yangmempelajari bahasa Inggris tetap menghadapi kesulitan di dalam memahami teks.Kesulitan tersebut bisa disebabkan karena kurang menariknya strategi yangdigunakan oleh guru di dalam proses pembelajaran. Diantara berbagai macamstrategi membaca, Collaborative Strategic Reading (CSR) adalah salah satustrategi yang dirancang untuk membantu mengefektifkan kegiatan membaca siswamelalui diskusi di dalam kelompok. Siswa mempelajari empat langkah sebagaibagian dari CSR. Pertama, preview, yaitu strategi yang membantu untukmengaktifkan kembali pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa tentang topiksebuah teks dan memprediksi apa yang akan mereka pelajari dari teks tersebut.Kedua, click and clunk, yaitu strategi yang digunakan untuk memantaupemahaman siswa terhadap teks, khususnya yang berhubungan dengan kosakata.Ketiga, get the gist, yaitu strategi yang mengajarkan siswa untuk menemukan idepokok dari teks dan menyampaikannya kembali di dalam bahasa mereka.Keempat, wrap up, yaitu strategi yang menuntun siswa untuk membuatpertanyaan beserta jawaban berdasarkan apa yang telah mereka pelajari.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEACHING READING, READING COMPREHENSION |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:49 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4955 |