Rahim, Cici (2012) Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bayang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_Cici Rahim_86235_2012.pdf [thumbnail of B1_3_Cici Rahim_86235_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_Cici Rahim_86235_2012.pdf
Download (4MB)
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran biologi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1Bayang belum optimal. Hal ini terlihat dari nilai belajar biologi siswa yang belummencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan guru. Nilairata-rata yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), menunjukkanbahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar biologi. Secara teori kesulitanbelajar siswa dalam belajar biologi dapat berasal dari faktor internal yaitu yangberasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa.Meskipun demikian seberapa besar persentase faktor-faktor ini dialami oleh siswakelas X pada SMA Negeri 1 Bayang belum terungkap. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor penyebab kesulitan belajar biologiyang dialami siswa kelas X pada SMA Negeri 1 Bayang.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bayang yang terdaftar pada tahunpelajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik proporsional randomsampling, dengan Proporsi 50% dari jumlah populasi. Variabel penelitian adalahkesulitan belajar pada siswa kelas X dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri1 Bayang, dengan instrumen berupa kuesioner (angket). Teknik analisis datadilakukan dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penyebab kesulitanbelajar biologi siswa kelas X pada SMA Negeri 1 Bayang bervariasi dan secaraumum faktor internal dan eksternal cukup berpengaruh terhadap kesulitan belajarbiologi siswa kelas X pada SMA Negeri 1 Bayang. Faktor internal yangmenyebabkan kesulitan belajar biologi dilihat dari sub variabel faktor fisiologis,kesulitan belajar biologi yang dialami siswa sebesar 15,70% diamana dari kondisifisik sebesar 18,90%. Dari sub variabel faktor psikologis sebesar 84,90% dimanadari intelegensi sebesar 30,57%, dari motivasi 16,46 % dan dari cara belajar siswasebesar 34,07%. Sedangkan dari faktor eksternal yang menyebabkan kesulitanbelajar biologi yang dialami siswa, dari sub variabel lingkungan keluarga denganpersentase 28,69% dimana dari bimbingan orang tua sebesar 6,91%, suasanarumah 7,11%, ekonomi keluarga 7,99% dan dari hubungan antar anggota keluargasebesar 6,69%, Selanjutnya dari lingkungan sekolah dengan persentase 48,54 %dimana dari materi pelajaran sebesar 12,32%, metode (cara) guru mengajar 11,14%, media pembelajaran 5,88%, sarana dan prasarana 11,90% dan dari relasi siswadengan siswa sebesar 7,31%. Selanjutnya dari lingkungan masyarakat sebesar22,77 % dimana dari media massa sebesar 7,31%, teman bermain 5,05% dan dariaktivitas siswa dalam mayarakat sebesar 10,41%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KESULITAN BELAJAR, BIOLOGI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:41 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4949 |