Wahyuni, Riski (2017) Efektivitas Pembelajaran Kontekstual untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SDN 09 Koto Lua Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_RISKI_WAHYUNI_14003064_4761_2017.pdf [thumbnail of B1_02_RISKI_WAHYUNI_14003064_4761_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_RISKI_WAHYUNI_14003064_4761_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan anak dalam menulis deskripsi. Hal ini terlihat dari masih kurangnya anak merangkai kalimat, ide masih kaku, EYD anak masih bermasalah dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini digunakan pembelajaran kontekstual, dengan tujuan untuk peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada anak kesulitan belajar kelas IV di SD Negeri 09 Koto Lua Kec. Pauh Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Reaserch (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitiannya adalah anak kesulitan belajar X.Target behaviornya yaitu “nilai” anak dalam menulis deskripsi. Kondisi A adalah baseline yaitu kondisi awal dan kondisi B merupakan intervensi yakni kondisi dimana anak diberikan intervensi melalui pembelajaran kontekstual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui prosedur pencatatan dengan observasi langsung, dimana pencatatan dibuat dalam sebuah format penilaian yang telah disediakan. Data yang diperoleh diolah dalam grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis deskripsi anak meningkat setelah diberikan pembelajaran kontekstual. Ini terbukti pada fase baseline (A1) yang dilakukan tujuh kali pengamatan dengan nilai maksimal yang dicapai anak (20). Setelah anak diberikan intervensi (B) dengan menggunakan pembelajaran kontekstual nilai tertingginya (90), begitu juga setelah tidak diberikan perlakuan (A2) kemampuan tertinggi anak (90). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi anak kesulitan belajar menulis deskripsi. Oleh karena itu disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya dan agar menjadi pedoman untuk melakukan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis deskritif Anak Berkesulitan Belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI |
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:39 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4947 |