Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bersusun pada Anak Diskalkulia

Sari, Novita (2018) Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bersusun pada Anak Diskalkulia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_NOVITA_SARI_1300139_1725_2018.pdf] Text
B1_02_NOVITA_SARI_1300139_1725_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Matematika adalah pelajaran wajib yang harus dipelajari siswa di sekolah
dasar. Setiap siswa dituntut harus mampu untuk memahami pelajaran matematika
yang diberikan oleh guru. Matematika merupakan ilmu berhitung yang
menggunakan hitungan pasti pada setiap rumusnya. Dengan penggunaan rumus
pada setiap materinya, menyebabkan siswa menjadi bosan dan takut untuk belajar
matematika. Akibatnya, siswa menjadi tidak paham dan mengalami kesulitan
pada pelajaran matematika. Pendekatan Realistic Mathematic Education
pembahasannya mengaitkan dengan penggunaan angka dalam kehidupan sehari-
hari. Maka dari itu, dalam penelitian ini akan dikaji tentang “Apakah penggunaan
pendekatan Realistic Mathematic Education efektif untuk meningkatkan
kemampuan belajar pembagian bersusun pada anak diskalkulia?”
Jenis dari penelitian ini adalah praeksperimen (Pre-Eksperimental Design)
yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh dari variabel bebas. Desain dari
penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Penelitian ini
dilakukan di kelas IV SDN 07 2x11 Enam Lingkung, pada semester Juni-
Desember 2017. Subjek dari penelitian ini berjumlah 5 orang anak Diskalkulia.
Untuk pengujian dari hipotesis penelitian ini menggunakan uji u mann whitney
dengan taraf signifikan 95% dan .
Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan pada kemampuan
belajar pembagian bersusun yang diberikan perlakuan menggunakan pendekatan
Realistic Mathematic Education. Dimana, hasil peningkatan terlihat dari
kemampuan pretest yaitu 10% kemudian diberikan treatment dan hasil akhir yang
diperoleh melalui posttest adalah 70%. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah
pendekatan Realistic Mathematic Education efektif dalam meningkatkan
kemampuan belajar pembagian bersusun pada anak diskalkulia. Saran dalam
penelitian ini diharapkan guru menggunakan pendekatan realistic mathematic
education dalam mengajarkan pembagian bersusun kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 07:33
Last Modified: 26 Mar 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item
View Item