Niandari, Aulisa (2012) Teaching Writing Discussion Text by Applying Peer – Assisted Learning Strategy (PALS) at Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_AULISA_NIANDARI_04649_6728_2012.pdf [thumbnail of B1_3_AULISA_NIANDARI_04649_6728_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_AULISA_NIANDARI_04649_6728_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan cara mengajarkan teks diskusidengan menerapkan Peer – Assisted Learning Strategy (PALS). Teks diskusi adalahsebuah teks yang mempunyai dua pokok pembahasan, yaitu: pro dan kontra terhadapsuatu topik. Tujuan dari teks diskusi adalah untuk mendiskusikan suatu topik.Namun, banyak murid SMA mengalami kesulitan dalam menulis teks diskusi. Inidisebabkan oleh beberapa faktor yang dihadapi oleh murid. Selain itu, strategipengajaran yang digunakan oleh guru masih belum efektif dan bervariasi sehinggabelum dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Peer – AssistedLearning Strategy (PALS) adalah salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuansiswa dalam menulis. Murid memberikan ide-ide dan menemukan solusi tentangtopik yang dibahas. Pertama, guru diharapkan dapat mengaktifkan pengetahuan siswatentang topik teks diskusi yang akan dipelajari. Lalu, guru memberikan model teksdan proses dalam menulis teks tersebut. Selanjutnya, secara berpasangan, muridsaling bergantian mendukung atau menolak pendapat dari pasangannya. Melalui Peer– Assisted Learning Strategy (PALS) ini, murid tidak akan merasa malu untukmemberikan pendapat karena mereka bekerja dengan pasangan masing-masing. Padatahap terakhir, siswa ditugaskan menulis teks diskusi secara individu. Oleh karena itu,melalui penerapan Peer – Assisted Learning Strategy (PALS) diharapkan dapatmembantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks diskusi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEACHING, WRITING, LEARNING |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:33 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4941 |