Erzul, Wulandari Pertiwi (2019) Meningkatkan Kemampuan Konsep Ruang Melalui Permainan Engklek Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas II SD N 18 Koto luar Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_WULANDARI_PERTIWI_ERZUL_15003076_3648_2019.pdf [thumbnail of B1_02_WULANDARI_PERTIWI_ERZUL_15003076_3648_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_WULANDARI_PERTIWI_ERZUL_15003076_3648_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan anak kesulitan belajar
yang berhubungan dengan perkembangan yaitu mengenai konsep ruang bagian
kanan, kiri, depan dan belakang. Permasalahan ini ditemukan di SD N 18 Koto Luar
Padang, yang mana sekolah ini merupakan sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan anak dalam konsep ruang yaitu kanan, kiri, depan
dan beakang melalui permainan engklek.
Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen. Eksperimen ini
termasuk kedalam kategori penelitian Single Subject Research (SSR) dengan
menggunakan desain A-B-A. Untuk mengukur dan mengumpulkan data pada kondisi
baseline pertama (A1) secara kontinyu selama 5 kali pertemuan sampai data stabil.
Memberikan intervensi melalui permainan engklek (B) dilakukan selama 8 kali
pertemuan sampai data stabil. Memberikan kondisi baseline yang kedua (A2) selama
3 kali pertemuan untuk melihat apakah ada pengaruh intervensi yang diberikakan
terhadap perilaku anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
memberikan tes dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan engklek dapat
meningkatkan kemampuan konsep ruang anak berkesulitan belajardi SD Negeri 18
Koto Luar Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN KONSEP RUANG |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:32 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4939 |