Rianto, Riski Dwi (2016) Analisis Korelasi Kanonik (Studi Kasus Hubungan Lingkungan Pendidikan terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Angkasa Lanud Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_RISKI_DWI_RIANTO_PUTRA_1201283_4717_2016.pdf [thumbnail of B1_02_RISKI_DWI_RIANTO_PUTRA_1201283_4717_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_RISKI_DWI_RIANTO_PUTRA_1201283_4717_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Keberhasilan merupakan ukuran seseorang dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam pendidikan berhasil atau tidaknya seorang siswa dapat dilihat dari prestasi belajar yang telah dicapai, salah satunya dari nilai ujian akhir semester. Diketahui 71% siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang mendapatkan hasil ujian akhir semester dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal beberapa siswa memiliki berbagai hambatan dalam lingkungan pendidikannya. Oleh karena itu, perlu diketahui pengaruh yang lebih signifikan antara lingkungan pendidikan terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Angkasa Lanud Padang. Analisis korelasi kanonik merupakan suatu teknik analisis multivariat yang dapat digunakan untuk melihat keeratan hubungan antara sekelompok peubah dependent dengan sekelompok peubah independent. Analisis ini dapat digunakan untuk data kuantitatif maupun kualitatif. Analisis korelasi kanonik berfokus pada korelasi dua peubah misal U dan V dimana peubah U merupakan kombinasi linier dari sekelompok peubah lingkungan pendidikan dan peubah V merupakan kombinasi linier dari sekelompok peubah prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang tidak bisa diketahui, oleh karena analisis tidak bisa dilanjutkan ke tahap interprestasi peubah kanonik. Namun berdasarkan nilai antara peubah lingkungan pendidikan dengan peubah prestasi belajar dapat diketahui prestasi belajar mana yang dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan secara signifikan, diantaranya PAI, PKN, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh paling besar terhadap presatasi belajar siswa di SMP Angkasa Lanud Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KORELASI KANONIK |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:10 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4931 |