Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP.

Haryati, Novi (2019) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_NOVI_HARYATI_15046105_5814_2019.pdf] Text
B1_02_NOVI_HARYATI_15046105_5814_2019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat penggunaan model kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboraturium UNP tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas belajar siswa. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa secara umum
mencapai kriteria Aktif (pada lembar observasi aktivitas belajar memenuhi standar keberhasilan penelitian yaitu 75%). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan aktivitas belajar siswa berada pada kategori sangat baik (85,96%). Indikator yang meningkat pada kategori sangat baik adalah aktivitas membaca, berdiskusi, memberikan tanggapan. Aktivitas yang meningkat pada kategori baik adalah bertanya, dan menjawab, sedangkan aktivitas yang meningkat dengan
kategori tidak teratur (pada sub indikator terdapat pengkatan pada kategori baik dan sangat baik) yaitu indikator memperhatikan dan mendengarkan, mencatat,
membuat tugas. Langkah-langkah model group investigation efektif untuk meningkatkan aktivitas siswa secara berkelompok, dan perlu dirancang tugas
individu yang dapat menyeimbangkan berkembangkanya aktivitas siswa baik secara berkelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 05:07
Last Modified: 26 Mar 2025 05:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item
View Item