Idris, Mawardi (2012) Kontribusi Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika SMPN 2 Pulau Punjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MAWARDI_IDRIS_70900_6334_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MAWARDI_IDRIS_70900_6334_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MAWARDI_IDRIS_70900_6334_2012.pdf
Download (144kB)
Abstract
Memperoleh hasil belajar yang optimal merupakan tujuan dari
pembelajaran. Namun disadari bahwa banyak hal yang mempengaruhi hasil belajar
termasuk faktor eksternal dan internal, seperti persepsi dan motivasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan persepsi siswa tentang
kompetensi guru dan motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN
2 Pulau Punjung.
Penelitian ini merupkan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik
korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Pulau Punjung,
Kabupaten Dharmasraya tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 528 siswa.
Sampel penelitian berjumlah 75 siswa yang diperoleh melalui teknik stratified
proportional random sampling, dengan menggunakan rumus Cochran. Data
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh
peneliti, dan selanjutnya diuji cobakan untuk melihat validitas dan realibilitasnya.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) persepsi siswa tentang
kompetensi guru memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar
matematika. Kontribusinya sebesar 25,6 %. 2) motivasi siswa memberikan
kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Kontribusinya
adalah 13,1 %. 3) persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi siswa secara
bersama sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar matematika
sebesar 39,7 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa
tentang kompetensi guru dan motivasi siswa merupakan dua faktor penting dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian peneliti bermaksud
menyarankan kepada guru guru yang peduli untuk dapat memperhatikan kedua
faktor ini agar hasil belajar matematika siswa disekolah dapat lebih ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:55 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4894 |