Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal pada SMP Negeri di Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci

Agussalim, Mat (2010) Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal pada SMP Negeri di Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAT_AGUSSALIM_10579_5328_2012.pdf] Text
B1_1_MAT_AGUSSALIM_10579_5328_2012.pdf

Download (214kB)

Abstract

Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang dianggap ikut menentukan
dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan
survei awal terhadap beberapa guru pada SMP Negeri di Kecamatan Keliling
Danau Kabupaten Kerinci, terindikasi berkinerja rendah. Fenomena yang terjadi
pada sekolah-sekolah tersebut diduga berhubungan erat dengan faktor gaya
kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal yang belum efektif. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi gaya kepemimpinan dan
komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan
Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini
adalah: (1) gaya kepemimpinan berkontribusi terhadap kinerja guru, (2)
komunikasi interpersonal berkontribusi terhadap kinerja guru, (3) gaya
kepemimpinan dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan
Keliling Danau Kabupaten Kerinci, yang berjumlah sebanyak 126 orang. Sampel
penelitian berjumlah 58 orang diambil dengan teknik stratified proportional
random sampling, dengan penetapan jenjang pendidikan dan masa kerja sebagai
srata populasinya. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
angket model skala Likert, yang telah teruji vailiditas dan reliabilitasnya. Untuk
menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ketiga hipotesis yang
diajukan dapat diterima, yaitu gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal
baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berkonstribusi terhadap kinerja
guru. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan
berkontribusi sebesar 17,60% terhadap kinerja guru; variabel komunikasi
interpersonal memberikan kontribusi sebesar 19,10% terhadap kinerja guru.
Secara bersama-sama kedua variabel bebas memberikan konstribusi sebesar
31,00% terhadap kinerja guru. Disimpulkan bahwa kedua variabel bebas memiliki
peranan penting dan berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru di
samping faktor-faktor lain yang tidak dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan
kata lain kinerja guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan gaya kepemimpinan
dan komunikasi interpersonal. Dari temuan penelitian ini disarankan kepada
Kepala SMP Negeri di Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci dan semua
pihak yang terlibat untuk memperhatikan kedua faktor yaitu gaya kepemimpinan
dan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:52
Last Modified: 26 Mar 2025 04:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item
View Item