Putri, Risdiana (2017) Meningkatkan Kemampuan Dikte Melalui Metode Eksplisit Instructions bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB Wacana Asih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_RISDIANA_PUTRI_1204533_3528_2017.pdf [thumbnail of B1_02_RISDIANA_PUTRI_1204533_3528_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_RISDIANA_PUTRI_1204533_3528_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ada di SLB Wacana Asih Padang, permasalahannya dimana ditemukan satu anak kesulitan dalam didikte, kesulitan ini terlihat melalui kurangnya kemampuan anak untuk menuliskan kata yang diucapkan guru ke dalam bentuk tulisan. Penyebabnya adalah kurang konsentrasi dalam pembelajaran, khususnya pelajaran bahasa indonesia. Dalam pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang mana siklua pertama dalam pembelajaran dikte peneliti menggunakan media kartu kata dipisah per suku kata, dan di siklus dua peneliti menggunakan media kartu kata yang membentuk satu kata. Teknik pengumpulan data melalui tes. Subjek penelitian adalah 3 anak tunagrahita di SLB Wacana Asih Padang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata capaian anak tunagrahita saat dengan dilakukan tindakan, pada siklus I media yang digunakan dalam pembelajaran dikte dengan kartu kata yang dipisah per suku kata, anak belum mengalami peningkatan secara signifikan, karena belum mengalami peningkatan, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dibantu dengah menggunakan media kartu kata yang digabung menjadi satu kata, anak mengalami peningkatan yang signifikan, dengan indikator menulis 15 kata. Dari hasil penelitian mengalami peningkatan, ditandai dengan hasil kerja anak, memperoleh di siklus satu mendapat nilai 6, selanjutnya di lanjutkan ke siklus II anak mampu memperoleh nilai 8. Kemudian ditandai di siklus I, sebelumnya belum bisa menulis kata ketika didikte, akhirnya setekah dilakukan pada siklus II anak bisa menulis kata ketika didikte. Jadi terbukti bahwa metode eksplisit instructions dapat meningkatkan kemampuan Dikte bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB Wacana Asih Padang. Saran dalam penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan metode eksplisit instructions untuk meningkatkan kemampuan dikte anak tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN DIKTE, METODE EKSPLISIT INSTRUCTIONS , ANAK TUNAGRAHITA RINGAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:30 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4882 |