Linda, Linda (2022) Bermain Berbasis Art Craft Bagi Anak Usia Dini Masa Belajar Online di Taman Kanak-Kanak Nurul Jannah Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LINDA_19330013_5989_2022.pdf [thumbnail of B1_01_LINDA_19330013_5989_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LINDA_19330013_5989_2022.pdf
Download (576kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak mudah bosan dengan tugas pembelajaran yang diberikan orang tuanya, ada anak yang tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh orang tuanya, ada yang mau mengerjakan tapi tidak sampai selesai walaupun dibantu orang tuanya, proses pembelajaran anak yang
selama ini dilaksanakan di sekolah beralih menjadi belajar online (pembelajaran jarak jauh). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bermain berbasis art craft (mewarnai, finger painting dan kolase) bagi anak usia dini (6 tahun) masa belajar online (pembelajaran jarak jauh). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menginterprestasikan bagaimana bermain berbasis art craft (mewarnai, finger painting, dan kolase) bagi anak usia dini masa belajar online dengan pendekatan
analisis SWOT. Analisis gambar hasil karya anak dilakukan dengan analisis oleh Lowenfeld. Teknik Pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber terhadap kepala sekolah dan guru kelas marwah (B) dan triangulasi metode terhadap hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek
penelitian peserta didik kelas marwah 20 orang. Hasil penelitian dengan analisis SWOT dapat disimpulkan: Penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi anak agar peserta didik semangat mengerjakan tugasnya hingga selesai, jalin komunikasi yang baik dengan orang tua/wali murid, dan tingkatkan prestasi guru dan peserta didik di bidang seni, melalui kekuatan dan peluang yang ada. Sehingga peserta didik tetap berprestasi di bidang seni terutama art craft masa belajar online. Hasil analisis gambar karya anak oleh Lowenfeld disimpulkan: bahwa hasil karya anak-anak di kelas marwah (B) sesuai dengan periodisasi perkembangan gambar anak masa pra-bagan usia (4-7 tahun) yaitu dimana anak mampu mengembangkan imajinasi mereka dalam membuat/menghasilkan suatu karya dalam bentuk mewarnai, finger painting dan kolase dan 2 gambar hasil karya tipe visual, 5 gambar hasil karya tipe haptik, dan terdapat 5 gambar hasil karya termasuk tipe campuran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Art Craft - PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:17 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4872 |