Kontribusi Pengasuhan Orangtua dan Self Esteem terhadap Komunikasi Interpersonal Peserta Didik serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 4 Padang

Zuzanti, Zakia (2016) Kontribusi Pengasuhan Orangtua dan Self Esteem terhadap Komunikasi Interpersonal Peserta Didik serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 4 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ZAKIA_ZUZANTI_1309215_2017.pdf] Text
B1_01_ZAKIA_ZUZANTI_1309215_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi dalam
menjalani kehidupan sosial. Seseorang akan bisa mencapai tujuan dalam hidupnya
apabila dapat melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain. Komunikasi
yang baik akan terjadi jika kedua belah pihak yang saling berkomunikasi
memahami maksud dan tujuan dari komunikasi yang dilakukan, sehingga tidak
menimbulkan perselisihan terutama di lingkungan sekolah. Namun, kenyataannya
masih ditemui sejumlah peserta didik sering berkelahi dan bertengkar disebabkan
oleh kesalahan dalam berkomunikasi, sehingga peserta didik terkendala dalam
mencapai tujuan yang diinginkannya dari berkomunikasi. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan dan menguji: (1) komunikasi interpersonal
peserta didik, (2) pengasuhan orangtua, (3) self esteem, (4) kontribusi pengasuhan
orangtua terhadap komunikasi interpersonal peserta didik, (5) kontribusi self
esteem terhadap komunikasi interpersonal peserta didik, dan (6) kontribusi
pengasuhan orangtua dan self esteem terhadap komunikasi interpersonal peserta
didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK
Negeri 4 Padang yang berjumlah 483 orang peserta didik. Sampel diperoleh
sebanyak 219 peserta didik yang diambil melalui teknik Cluster Random
Sampling. Instrumen yang digunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum bahwa: (1) komunikasi
interpersonal berada pada kategori baik, (2) pengasuhan orangtua berada pada
kategori baik, (3) self esteem berada pada kategori sedang, (4) pengasuhan
orangtua berkontribusi terhadap komunikasi interpersonal peserta didik, (5) self
esteem berkontribusi terhadap komunikasi interpersonal peserta didik, dan (6)
pengasuhan orangtua dan self esteem berkontribusi terhadap komunikasi
interpersonal peserta didik. Implikasi hasil penelitian tersebut dapat dijadikan
sebagai analisis kebutuhan peserta didik untuk program pelayanan BK di SMK
Negeri 4 Padang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PENGASUHAN ORANGTUA, SELF ESTEEM, KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:03
Last Modified: 26 Mar 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4865

Actions (login required)

View Item
View Item