Peningkatan Penyesuaian Sosial Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 1 Curup)

Yanizon, Ahmad (2012) Peningkatan Penyesuaian Sosial Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 1 Curup). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AHMAD_YENIZON_19104_6616_2012.pdf] Text
B1_1_AHMAD_YENIZON_19104_6616_2012.pdf

Download (889kB)

Abstract

Penyesuaian sosial siswa yang rendah dapat menghambat tugas
perkembangan remaja, antara lain membangun hubungan sosial dengan
teman sebaya. Bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan
penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap
efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan penyesuaian
sosial siswa.
Penelitian eksperimental dengan rancangan pretest and posttest
control group design digunakan untuk menguji apakah layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa menjadi lebih baik.
Dua kelompok dipilih menggunakan purposive sampling yang terpilih dari
MAN 1 Curup dan MAN 1 kepahiang. Masing-masing kelompok terdiri
dari 10 orang siswa. Layanan bimbingan kelompok pada kelompok
eksperimen diadakan selama enam kali pertemuan. Data tentang
penyesuaian sosial dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian
dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan
Kolmogorov-Smirnov Two Sampel dengan bantuan SPSS versi 17.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara penyesuaian sosial siswa pada pretest dan posttest siswa
kelompok eksperimen. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
penyesuaian sosial siswa pada pretest dan posttest siswa kelompok kontrol.
(3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian sosial siswa pada
posttest kelompok kontrol dengan posttest kelompok eksperimen.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian sosial
siswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:00
Last Modified: 26 Mar 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4861

Actions (login required)

View Item
View Item