Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Menulis Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Yuniarti, Yuniarti (2017) Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Menulis Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_YUNIARTI_14124089_4322_2017.pdf] Text
B1_01_YUNIARTI_14124089_4322_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam
menulis narasi dan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis narasi.
Untuk itu, perlu terobosan baru dalam pembelajaran menulis narasi yaitu dengan
menggunakan media pembelajaran film animasi. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh penggunaan media film animasi
dan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa
kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 orang. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan
menggunakan tes pengetahuan awal dan tes keterampilan menulis narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis narasi pada
siswa yang pembelajarannya menggunakan media film animasi lebih tinggi
daripada keterampilan menulis narasi pada siswa yang pembelajarannya
menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung = 2,486 dan taraf signifikansi
0,05 (ttabel = 1,68); (2) keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki
pengetahuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan media film animasi
lebih tinggi daripada keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki
pengetahuan awal tinggi serta yang pembelajarannya menggunakan media gambar
seri dengan nilai thitung = 1,838 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,72); (3)
keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah
yang yang pembelajarannya menggunakan media film animasi lebih tinggi
daripada keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan
awal rendah yang pembelajarannya menggunakan media gambar seri dengan nilai
thitung = 1,829 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,72); dan (4) tidak terdapat
interaksi yang signifikan antara pengetahuan awal dan media film animasi
terhadap keterampilan menulis narasi dengan nilai Fhitung = 0,345 dan taraf
signifikansi 0,05 (Ftabel = 4,11). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media film animasi dan pengetahuan awal
terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri
11 Kampung Jawa Kota Solok. Rekomendasi penelitian ini adalah media film
animasi dapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa media film animasi dan
pengetahuan awal merupakan faktor yang dapat meningkatkan keterampilan
menulis narasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:59
Last Modified: 26 Mar 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item
View Item