Fitriza, Yulmi (2022) Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Panti Sosial Bina Remaja Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_YULMI-FITRIZA_19155025_1950_2022.pdf [thumbnail of B1_01_YULMI-FITRIZA_19155025_1950_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_YULMI-FITRIZA_19155025_1950_2022.pdf
Download (492kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Diklat PSBR Padang
Panjang. Evaluasi yang digunakan adalah model CIPP dari Stufflebeam, yang
ditinjau dari empat aspek yaitu: aspek evaluasi konteks, input, proses dan produk
dari pelaksanaan program Diklat PSBR Padang Panjang.
Subjek penelitian ini adalah penyelenggara, pengajar, dan peserta pada
Diklat PSBR Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, angket dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi metode dan sumber data. Analisis data menggunakan analisis
kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Evaluasi context (konteks)
Program diklat PSBR Padang Panjang telah memenuhi persyaratan yang ada pada
peraturan pemerintah tentang pelaksanaan diklat, struktur dan sarana prasarana
yang ada juga telah memenuhi standar dari Diklat pada umumnya. Hasil Evaluasi
input (masukan) kurikulum sudah relevan dengan kebutuhan dan tujuan diklat.
Berdasarkan hasil pengisian angket pengajar didapatkan hasil dengan tingkat
kesesuaian mencapai 88%, hasil pengisian angket penyelenggara dengan tingkat
kesesuaian mencapai 90%, hasil pengisian angket peserta pelatihan dengan tingkat
kesesuaian mencapai 95%.
Hasil Evaluasi process (proses) media pembelajaran yang digunakan sudah
menunjang terselenggaranya diklat PSBR Padang Panjang. Metode mengajar yang
diterapkan sesuai dengan yang direncanakan. Berdasarkan hasil pengisian angket
pengajar didapatkan hasil dengan tingkat kesesuaian mencapai 86%, hasil
pengisian angket penyelenggara dengan tingkat kesesuaian mencapai 87%. hasil
pengisian angket peserta pelatihan dengan tingkat kesesuaian mencapai 95,6%. (4)
Hasil Evaluasi product (hasil) Peserta pelatihan juga telah memiliki keterampilan
yang baik dan mampu mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh peserta.
Berdasarkan hasil pengisian angket pengajar didapatkan tingkat kesesuaian
mencapai 81%, hasil pengisian angket penyelenggara dengan tingkat kesesuaian
mencapai 84%. hasil pengisian angket peserta pelatihan dengan tingkat kesesuaian
mencapai 94%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:59 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4857 |