Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dan Motivasi Belajar dengan Menggunakan Model Literasi di Kelas 1 SD Negeri 12 Tanah Sirah Kota Padang

Putri, Yulianda (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dan Motivasi Belajar dengan Menggunakan Model Literasi di Kelas 1 SD Negeri 12 Tanah Sirah Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_YULIANDA_PUTRI_15124074_5429_2017.pdf] Text
B1_01_YULIANDA_PUTRI_15124074_5429_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan
yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Hal ini terlihat
dari rendahnya nilai yang diperoleh peserta didik dalam menulis permulaan.
Fenomena ini membuat peneliti tertarik melakukan penelitian. Penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan menulis
permulaan dan motivasi belajar dengan menggunakan model literasi di kelas 1 SD
Negeri 12 Tanah Sirah Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model literasi.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 1 SD Negeri 12 Tanah
Sirah Kota Padang tahun ajaran 2016/2017 yang tediri dari 32 peserta didik, dimana terdapat 14 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Data
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar serta tes
keterampilan menulis permulaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model literasi dapat
meningkatkan proses dan hasil belajar keterampilan menulis permulaan. Peningkatan tersebut terlihat pada proses pembelajaran dan hasil tes menulis
permulaan. Hasil tes menulis permulaan dengan menggunakan model literasi
menunjukkan hasil penelitian bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap
ketuntasan belajar 66,53%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan
perolehan daya serap ketuntasan belajar 88,35%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1)
penggunaan model literasi dapat meningkatkan proses pembelajaran, baik dari
aktivitas guru maupun aktivitas peserta didik, (2) meningkatkan hasil belajar
peserta didik, (3) dan dapatmemotovasi peserta didik dalam menulis permulaan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:59
Last Modified: 26 Mar 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item
View Item